Berita

PKH KABUPATEN SUKOHARJO

Kabupaten Sukoharjo yang merupakan kabupaten dengan luas wilayah terkecil kedua di Jawa Tengah.  Memiliki komitmen dalam mengentaskan kemiskinan.  Sejak september 2013, Program Keluarga Harapan dan masuk ke wilayah ini dan tersebar di 12 kecamatan 167 desa.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan tunai untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan menetapkan syarat, ketentuan dan kewajiban bagi yang ditetapkan sebagai peserta PKH.

PKH sendiri mempunyai tujuan umum yakni Meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengubah perilaku peserta PKH, dan tujuan khusus yaitu :

  1. Meningkatkan Kualitas Kesehatan lansia, disabilitas dan keluarga.
  2. Meningkatkan Taraf Pendidikan Anak.
  3. Meningkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan

Pada Bulan September Tahun 2013, PKH mulai aktif di Kabupaten Sukoharjo dan dapat diakses di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sukoharjo sejumlah 12 kecamatan dan 167 desa. Pada awal program, jumlah KPM yang harus divalidasi oleh pendamping sebanyak 11.002 KPM. Kemudian pada tahun 2016, Sukoharjo mendapat tambahan KPM baru yang harus divalidasi oleh pendamping untuk gelombang 1 sebanyak 7.252 KPM. Sedangkan untuk tambahan KPM baru yang harus divalidasi pada gelombang 2 sebanyak 1.176 KPM.

Selanjutnya di akhir tahun 2017 bulan desember kemarin Kabupaten Sukoharjo mendapatkan tambahan 13.619 KPM, sehingga jumlah total KPM Sukoharjo sampai di bulan Maret ini sejumlah 30.154 KPM. 

PPKH Kabupaten Sukoharjo berusaha melaksanakan fungsi pendampingan secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya PKH Award kategori Konsistensi Terbaik Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan PKH. Sebagai wujud konsistensi PPKH Kabupaten Sukoharjo dalam pemberdayaan KPM

Setiap kecamatan didampingi oleh 6 s/d 10 pendamping kecamatan sesuai dengan jumlah KPM dalam satu kecamatan. Satu pendamping rata – rata mendampingi 300 - 350 KPM. Sedangkan di Kabupaten sendiri terdapat enam tenaga operator baru yang mengentry data, mengolah data dan berkoordinasi antara pusat, provinsi, daerah dan pendamping.

 

Pada Rakor PKH bulan Februari Tahun 2015, dipilihlah korkab PKH untuk Kabupaten Sukoharjo melalui keputusan bersama antara operator dan pendamping PKH dengan pengajuan Surat Rekomendasi ke PPKH Pusat. Pada akhir Tahun 2017 dilakukan perekrutan Koordinator Kabupaten dan Pekerja Sosial Supervisor. Dari hasi seleksi perekrutan SDM PKH, Kabupaten Sukoharjo mendapat tambahan 1 Koordinator Kabupaten dan 2 Pekerja Sosial Supervisor. Dengan demikian maka Kabupaten Sukoharjo memiliki 2 Koordinator Kabupaten dan 2 Pekerja Sosial Supervisor sebagai tangan panjang Korwil di Kabupaten.

Kontak Kami

DINAS SOSIAL SUKOHARJO

Jl. Veteran No. 61 Sukoharjo
Telp. 0271 – 593024 / 591225
Email : dinsosskh61@gmail.com

Dasar Hukum

  1. Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Sukoharjo : Nomor : 23 Tahun 2001
  2. Keputusan Bupati Sukoharjo Nomor : 34 Tahun 2001.