Berita

Penyandang Cacat Berat Dapat Bantuan Rp 300 Ribu Per Bulan

Dinas Sosial SukoharjoSukoharjo,(sorotsukoharjo.com) Puluhan warga di Kabupaten Sukoharjo mendapatkan bantuan sebanyak Rp 300 ribu setiap bulan dari Dinas Sosial setempat. Bantuan itu diberikan kepada Orang Dengan Kecacatan Berat (ODKB) sebagai jaminan kelangsungan hidup mereka.

Plt Kapela Dinas Sosial, Sarmedi, menjelaskan, pemberian bantuan bagi ODKB merupakan program dari kementerian sosial yang disalurkan melalu dinas sosial di setiap kabupaten. Di wilayah Kabupaten Sukoharjo sendiri terdapat 65 warga di empat kecamatan yang masuk dalam kategori ODKB.

"ODKB adalah mereka yang memiliki kecacatan berat, dari bangun tidur hingga menjelang tidur lagi tidak bisa apa-apa. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti makan, minum, dan buang air harus mendapatkan bantuan orang lain," jelas Sarmedi, Sabtu, (21/1/2017).

Hingga saat ini, Dinas Sosial Sukoharjo terus mengupayakan adanya bantuan serupa dari kementerian sosial yang tentunya bisa menyasar ke semua kecamatan-kecamatan yang memilki ODKB. Namun, lantaran terkendala anggaran di Kementerian Sosial menjadikan jatah bantuan untuk ODKB masih dibatasi.

"Setiap kecamatan kami sudah ada datanya, dan kami belum bisa memberikan kesemuanya, bukan kami nggak mau ngasih tetapi karena anggaran dari kementerian memang dapat jatahnya segitu. Kami dapat jatah untuk menanggung hidup 65 orang sudah Alhamdulilah. Kabupaten yang lain biasanya maksimal 10 orang," papar Sarmedi.

Sarmedi menambahkan, salah satu tugas dari Dinas Sosial adalah untuk menangani permasalahan sosial diantaranya kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, ketunaan, korban bencana alam, dan korban bencana sosial.

"Kerja dinas sosial memang harus menyasar ke tujuh aspek kehidupan manusia itu, dan saya mendasari kerja saya sebagai ladang ibadah" pungkas Sarmedi.

 

Sumber: sorotsukoharjo.com

Kontak Kami

DINAS SOSIAL SUKOHARJO

Jl. Veteran No. 61 Sukoharjo
Telp. 0271 – 593024 / 591225
Email : dinsosskh61@gmail.com

Dasar Hukum

  1. Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Sukoharjo : Nomor : 23 Tahun 2001
  2. Keputusan Bupati Sukoharjo Nomor : 34 Tahun 2001.